Pengumuman


Blog ini tidak diperbarui atau posting artikel lagi. Selanjutnya silakan kunjungi hurahura.wordpress.com

Senin, 22 Februari 2010

Cari Duit Lewat Blog


Apa sih enaknya nge-blog? Mengapa jumlah blogger di Indonesia terus meningkat? Kalau ada pertanyaan demikian memang sulit menjawabnya. Dibilang kepuasan batin, tentu orang masih akan bertanya lagi. Dikatakan ingin menyebarkan pengetahuan, mungkin dipandang sok pintar.

Namun yang jelas sejak terjadinya krisis moneter dan gelombang besar-besaran PHK di negeri kita, aktivitas nge-blog sudah menjadi semacam obat stres. Daripada menganggur, orang berpikir lebih baik mengisi waktu senggang dengan nge-blog. Toh, biaya sewa internet relatif terjangkau dibandingkan kalau kita masuk rumah sakit.

Tidak disangkal kalau orang nge-blog umumnya memiliki dua tujuan, yakni faktor komersial dan non-komersial. Sangat sulitnya mencari pekerjaan sejak beberapa tahun lalu, menjadikan internet banyak dituju sebagai ladang percobaan untuk memperoleh penghasilan.

Menjual produk merupakan upaya yang banyak dilakukan para blogger, baik pemula maupun profesional. Berbagai toko online, banyak terdapat di internet. Beberapa produk Indonesia bahkan bisa menembus pasaran internasional, tak lain karena peran yang besar dari blog itu.

Cakupan yang sangat luas dan dapat menembus seluruh penjuru dunia, ditambah beroperasi nonstop sepanjang hari dan sepanjang waktu tanpa henti, tampaknya merupakan alasan mengapa internet banyak digandrungi orang. Karena itu banyak orang mulai menggeluti blog yang memang banyak tersedia secara gratis di internet.


Google Adsense

Di samping toko online atau istilah kerennya eStore yang dikelola sendiri, berbagai penghasilan juga bisa diperoleh lewat eStore milik orang lain. Buka saja search engine, masukkan keywords “mencari uang lewat internet”, maka seabreg-abreg entri akan muncul di sana.

Berbagai buku panduan pun mulai bermunculan dengan judul yang terkesan amat fantastis. Berbisnis dari rumah, Memulai bisnis dari nol, Cara mudah mencari uang lewat internet, Kaya berkat internet, Mendulang uang dari blog, Meraup rupiah di internet, dan Menuai dollar dari AdSense, merupakan sedikit dari sekian banyak judul yang menggambarkan seakan betapa mudahnya orang mencari uang lewat internet.

Demikian juga berbagai iklan di media cetak. “Anda ingin penghasilan dahsyat dari internet? Datanglah ke seminar di hotel ...,” kata sebuah iklan yang pernah dimuat di Kompas. Namun pada kenyataannya mencari uang dari internet tidak semudah itu. Teori amat berbeda sekali dengan praktek.

“Saya sudah dua tahun nge-blog, tapi belum dapat apa-apa dari beberapa program online earning yang saya ikuti,” demikian kata seorang blogger dalam forum di internet.

Tidak dimungkiri, memang ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari blog. Menjual produk sendiri dan produk orang lain tentunya sudah tidak asing lagi. Program-program lainnya adalah menyediakan halaman blog untuk iklan, menulis review untuk orang lain, bergabung sebagai referral, dan bermitra menjadi afiliasi.

Blog atau web banyak dimanfaatkan sebagai ruang bisnis karena merupakan sebuah media. Seperti halnya media massa, blog bisa digunakan untuk mempromosikan sesuatu atau produk. Pemilik blog yang mengikuti program demikian disebut publisher (penerbit). Di pihak lain ada orang yang bersedia membayar untuk menggunakan media tersebut, dikenal sebagai advertiser (pemasang iklan).

Sekadar gambaran, di AS seorang fulltime blogger bisa mengantongi penghasilan sekitar $3,5 juta setahun. Sementara di Indonesia, menurut buku Tip-Trik Pilihan Blogger, seorang manajer memutuskan berhenti bekerja demi menjadi fulltime blogger yang berpenghasilan belasan juta rupiah sebulan. Jauh lebih besar daripada gajinya sebagai manajer.

Besar kecilnya penghasilan seorang blogger biasanya tergantung dari kualitas setiap blog. Untuk memiliki sebuah blog yang dipandang berkualitas, tentu saja ada berbagai cara yang dilakukan para blogger itu. Sayangnya, hal demikian justru merendahkan “martabat” para blogger sendiri.

Banyak pemula memaksakan diri membuat blog karena tergiur dollar dari internet. Akibatnya, isi blog mereka hanya merupakan co-pas (copy paste) atau salinan dari blog-blog lain. Disayangkan juga istilah “kualitas” blog lebih mengacu kepada banyaknya pengunjung blog, bukan kepada isi atau materi blog.

Google AdSense yang merupakan program periklanan dari Google Inc. adalah program yang paling banyak diincar para blogger, baik fulltime blogger maupun part-time blogger. Bukan hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh penjuru dunia. Google AdSense tersedia dalam puluhan bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Kalau Anda menggunakan www.blogger.com, widget AdSense ini sudah terintegrasi di bagian layout blogspot berbahasa Inggris. Jadi Anda tidak perlu melakukan apply lagi. AdSense menyediakan tiga jenis iklan, yakni AdSense for Content, AdSense Link Unit, dan AdSense for Search. Untuk Indonesia hanya tersedia AdSense for Search, yang cara penggunaannya serupa dengan mesin pencari Google.

AdSense merupakan program paid per click (PPC) atau paid to click (PTC). Dalam hal ini blogger dibayar kalau ada pengunjung blog yang mengklik AdSense di blognya itu. Besarnya bayaran berbeda-beda, sesuai dengan iklan masing-masing. Yang jelas minimal $0,01 untuk setiap klik. Hanya kita tidak boleh mengklik iklan sendiri. Jika ketahuan, kita akan di-banned atau dihapus dari keanggotaan.

Ada lagi Text Link Ads sebagai tempat penyewaan blog untuk pemilik web yang ingin memasang link. Pemilik blog dibayar dengan sistem bagi hasil.

Kemudian ReviewMe yang mempertemukan blogger dengan orang yang ingin produk, jasa, atau apapun ditampilkan di dalam blog dalam sebuah review. Mirip ulasan produk yang sering ada di majalah untuk produk baru (Tip-Trik Pilihan Blogger, 2008).

Di antara sejumlah program afiliasi, yang paling dikenal adalah Amazon Associates. Amazon yang tadinya merupakan toko buku online terbesar di dunia, kini juga menjual berbagai jenis barang. Program afiliasi berarti jika seseorang membeli produk Amazon yang iklannya ada di blog kita, maka kita akan mendapatkan komisi. Besarnya komisi adalah 4% hingga 10%.

Penghasilan dengan program afiliasi memang lebih besar, tetapi jarang ada pengunjung yang melakukan pembelian. Dalam hal ini tidak berlaku program PTC. Jadi meskipun iklan tersebut sudah diklik banyak orang, selama ybs belum membeli produk Amazon, kita tetap belum memperoleh dollar.

Program lain adalah referral, yakni bagaimana orang mau mendaftar menjadi anggota program tertentu berdasarkan acuan dari blog kita. Yang juga banyak namun kurang populer adalah Paid to Read. Dalam hal ini kita dibayar bilamana ada orang mau membaca iklan di blog kita. Semua program online earning ini berasal dari mancanegara.

Program-program lokal sendiri sudah mulai membanjiri internet. Salah satu yang populer adalah www.kumpulblogger.com. Program PTC ini menyediakan Rp 300 setiap klik iklan teks, Rp 350 untuk iklan banner, dan komisi 3% bilamana ada orang mau memasang iklan banner lewat blog kita. Ada lagi AdsenseCamp, Klikrupiah, Kliksaya, Uangpanas, dsb.

Memang pada kenyataannya, kita bisa cari duit lewat blog. Selama nge-blog (sejak November 2008), penulis baru (atau sudah?) mendapatkan $2 dari Amazon, $1 dari AdSense, dan Rp 10.500 dari kumpulblogger. Tentunya masih sangat jauh dari impian banyak orang. Untungnya, hal demikian hanya iseng-iseng sebagai suka duka nge-blog. Maklum saja part-time blogger. (DJULIANTO SUSANTIO)

1 komentar:

  1. Hai, apakah Anda mencari pemberi pinjaman yang legal dan andal? Apakah Anda memerlukan pinjaman? Apakah Anda memerlukan bantuan keuangan yang mendesak? Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang Anda atau apakah Anda memerlukan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Kami menawarkan semua jenis pinjaman kepada individu dan perusahaan dengan tingkat bunga 2% dengan ketentuan yang jelas dan mudah dipahami. Kami akan mengirimkan jumlah berapapun ke lokasi mana pun, jika Anda tertarik dengan pinjaman dari perusahaan kami, silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut

    (E-MAIL) globalfinanceloancompany1@gmail.com

    terima kasih

    BalasHapus


Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Kontak